INPUT OUTPUT DEVICE


 

INPUT DAN OUTPUT

M. IRVAN SINADO

(2115061115)

 

I.                   PENDAHULUAN

 

Input dan output merupakan bagian komputer yang termasuk dalam sistem microprocessor. Untuk lebih mendalamnya, input sendiri merupakan perangkat masukkan yang dipasang sesuai potr masing-masing dan berfungsi untuk memasukkan dan mentransfer data dari luar ke microprocessor yang berupa signal input. Output sendiri merupakan suatu perangkat yang dapat menghasilkan suara, gambar, teks, maupun video dan berfungsi untuk menerima data dari microprocessor.

 

II.                PEMBAHASAN

 

·         INPUT

 

Merupakan setiap data dan instruksi yang dimasukkan kedalam memory komputer.

Berikut beberapa input device diantaranya :

1.      Keyboard

Adalah perangkat input yang berisi tombol yang ditekan pengguna untuk memasukkan data dan instruksi ke komputer atau perangkat seluler. Sebagian besar keyboard komputer memiliki area mengetik, tombol fungsi, tombol saklar, tombol navigasi, pintasan keytboard, pintasan media, kontrol internet. Keyboard sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah keyboard ergonomis, yaitu keyboard yang menggabungkan kenyamanan, efisiensi, dan keamanan. Keyboard ini sangat cocok utuk di tempat kerja.

2.      Pointing Device

Merupakan simbol kecil di layar yang lokasi dan bentuknya berubah saat pengguna pemindahkan perangkat penunjuk. Salah satu alat dari pointing device adalah Mouse, Touchpad, Tackball. Mouse adalah alat petunjuk yang berada di bawah telapak tangan pengguna. Mouse sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu mouse optik mouse laser, mouse sentuh. Touchpad sendiri merupakan perangkat penunjuk yang sensitif terhadap tekanan dan gerakan. Sedangkan Tackball merupakan alat penunjuk stasioer dengan menggunaka bola di bagian atas atau sampingnya.

3.      Touch screen

Layar sentuh adalah layar yang sensitif terhadap sentuhan baik dari jari maupun pen. Touchscreen sendiri memiliki fungsi untuk mengirim data berupa masukkan yang harus dijalankan oleh sistem. Beberapa jenis touchscreen diantaranya : capasitive overlay, guided acoustic wave, resistive overlay, scanning infrared, near field imaging, surface acoustic wave. Dari berbagai jenis touch screen diatas, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

4.      Motion, voice, and video input

Motion input merupakan pengenalan gerakan yang dipandu oleh user untuk memandu element dilayar melalui gerakan udara, contoh dari motion input diantaranya pengenalan suara, dan microfon. Voice input merupakan proses pemasukkan suara dengan berbicara melalui mickropon, contoh dari voice input diantaranya musik, efek suara, rekaman, pengedit musik. Video input merupakan proses penangkapan gambar dan gerakan untuk menyimpannya di media penyimpanan perangkat, contoh dari video input diantaranya webcam, dan video converence.

5.      Scanner and reading device

Scanner adalah perangkat input pengindraan cahaya yang membaca teks dan grafik yang dicetaak dan menerjemahkan hasilnya kedalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer. Contoh dari scanner adalah flatbet, cara kerja flatbet sendiri sama seperti fotocopy kecuali membuat file dokumen.

 

·         OUTPUT

Output adalah data yan telah diolah menjadi bentuk yang berguna.

Berikut beberapa contoh output device, diantaranya : 

 

1.      Display 

 

Output yang menyampaikan informasi teks, gambar, video. Contoh dari display adalah monitor, monitor sendiri adlah tampilan yan dikemas sebagai perangkat periferal terpisah. Kualitas display sendiri tergantung dari resolusi, waktu merspon, kecerahan, titik-titik, rasio kontras.

 

2.      Printer 

 

Merupakan sebuah perangkat output yang menghasilkan teks dan grafis pada media fisik. Contoh beberapa printer diantaranya printer non-impact yaitu printer yang membentuk krakter dan grafis pada selembar kertas tanpa benar-benar menyentuh kertas, printer ink-jet merupakan printer yang membentuk krakter dan grafis dengan menyemprotkan tetesan kecil berupa tinta cair ke selembar kertas, printer all in one merupakan peinter yang mencetak, memindai, dan menyalin krakter

 

3.      Buzzers 

 

Sebuah alat output yang menimbulkan suara kebisingan. Buzzer ini biasanya digunakan untuk alarms pencurian dan acara permainan.

 

4.      Heaters 

 

Merupakan sebuah lat untuk meningkatkan suhu. Heaters ini biasa digunakan untuk mengontrol panas dirumah kaca, dan juga oven.

 

5.      Speaker

 

Merupakan outputan yang berupa suara yang sangat penting untuk konferensi video, film, komputer, dan lainnya.


Komentar